Senin, 22 Oktober 2012

0 Kamar Mandi yang Elegan

KAMAR mandi bisa menjadi tempat Anda bersantai sekaligus melakukan treatment tertentu. Tapi, apakah Anda merasa kamar mandi yang lama membutuhkan pembaruan? Itu mudah saja. Ada tiga cara untuk memberi pembaruan pada kamar mandi Anda. Renovasi besar-besaran atau merombak seluruh desain kamar mandi, renovasi sebagian, atau hanya menggunakan perabotan sebagai unsur dekoratif.
Jika Anda tidak menginginkan renovasi besar-besaran, Anda bisa menggunakan renovasi sebagian saja. “Renovasi sebagian itu misalnya hanya mengganti salah satu atau dua dari desain yang sudah ada. Misalnya mengganti keramik lantai, keramik dinding, atau cat dinding kamar mandi,” ujar desainer interior Maya Pangestu.
Jika Anda menginginkan keramik lantai atau keramik dinding kamar mandi yang sedikit berbeda, coba cari alternatif lain yang berbeda dari yang lama. Keramik dinding yang memiliki lapisan (glaze) adalah pilihan yang tepat untuk lantai dan dinding Anda karena lapisan tersebut dapat menghasilkan antislip.
“Keramik dengan lapisan antislip sangat dianjurkan, terutama untuk kamar mandi. Kamar mandi kan selalu dalam keadaan basah. Nah, lapisan antislip tersebut akan menghindarkan Anda dari terpeleset karena licin,” terang Maya.
Sementara untuk dindingnya, Anda bisa menggunakan ubin porselen. Ubin porselen terbuat dari tanah liat terbaik dan mineral alam lain yang dapat menghasilkan produk ubin yang antinoda. Selain menggunakan ubin, dinding juga bisa dipercantik dengan menggunakan cat dinding. Mengecat dinding kamar mandi sedikit berbeda dengan mengecat ruang lainnya, seperti kamar tidur.
Saat mengecat kamar tidur, mungkin pertimbangan pertama Anda adalah warna catnya dulu. Namun, pada saat Anda ingin mengecat kamar mandi, yang perlu dipertimbangkan pertama kali adalah ukuran serta kadar kelembapan kamar mandi tersebut. Cat untuk dinding kamar mandi harus benar-benar tahan air, antijamur dan lumut, juga harus tahan terhadap pergantian suhu terutama dari dingin ke panas. Terkadang Anda juga senang mandi menggunakan air panas bukan?
Pada saat Anda memilih warna dinding kamar mandi, perhatikan tema utama kamar mandi tersebut. Cat dinding akan terlihat lebih menarik jika disesuaikan dengan tema warna lain. Misalnya barang-barang seperti handuk, pajangan, atau lantai kamar mandi berwarna hijau, Anda bisa memilih cat dinding yang gradasinya mendekati warna hijau.
Setelah memilih warna utama, Anda bisa memilih warna tambahan sebagai warna karakter. “Warna tambahan biasanya yang kontras dengan warna utama, tapi masih terlihat bagus jika disatukan dengan warna utama,” tambah Maya. Warna tambahan yang kontras juga bisa menjadikan ruangan seperti lebih tinggi jika Anda memakainya dengan garis posisi vertikal.
Memilih lemari cabinet bisa pula menjadikan kamar mandi Anda lebih elegan. Ada banyak lemari cabinet antik yang sangat cantik dan cocok diletakkan di kamar mandi. Lemari cabinet jenis ini biasanya memiliki desain yang high-end alias mewah, dibuat dengan tangan-tangan yang ahli, memakai bahan material kayu yang kuat dan kokoh, serta memiliki finishing yang menarik dengan detail ukiran unik. Harganya pun cukup menguras kantong. Namun, sebagai investasi jangka panjang, bukanlah sesuatu yang salah jika Anda memilikinya.

Sumber : www.tokobangunan.net

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Jurnal Rumah Kita Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates