Senin, 22 Oktober 2012

0 7 Tips dan panduan untuk menginspeksi dan mendeteksi kualitas rumah anda

Rumah yang baru anda miliki dan tempati bukan berarti tanpa masalah, berikut adalah 7 tips dan panduan untuk menginspeksi dan mendeteksi kualitas rumah anda apakah rumah anda memang layak untuk dihuni, berikut tipsnya :
1. Struktur Bangunan [ Building Structure ] , Struktur dari bangunan yang anda miliki & tempati akan sangat menentukan ketahanan dari rumah & hunian anda, apabila anda membeli rumah di sebuah perumahan atau membangun rumah anda sendiri maka jangan sungkan2x untuk menanyakan kepada ahlinya apakah struktur bangunan yang anda miliki telah sesuai dengan standart struktur bangunan yang ada, jangan menyesal di kemudian hari apabila suatu saat terjadi bencana ” Gempa ” yang tidak diinginkan dan rumah anda menjadi korbannya. so….?? Perhatikan baik2x untuk masalah yang satu ini.
2. Kontrol air Sanitasi [ Water Control ], Hal ini menyangkut kontrol air limbah ( buangan ) & Air Hujan. Pastikan kondisi rumah memiliki ketinggian yang lebih daripada muka tanah / jalan dan pastikan lubang2x pembuangan atau saluran pembuangan yang ada memiliki dimensi yang besar serta sesuai dengan kapasitas buangan air hujan di rumah anda karena apabila rumah anda sudah dibangun dan ada kesalahan pemilihan dimensi / ukuran pada saluran pembuangan yang anda miliki, sudah dipastikan rumah anda akan kebanjiran di saat musim hujan tiba…:),
Hal ini akan berdampak sangat besar dan andapun akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengatasi masalah ini. Seperti membobol kembali lantai rumah anda yang sudah bagus karena anda harus memperbaiki lagi saluran yang mampet dan macet.
3. Atap ( Roof ) , Pada aplikasi atap bangunan pastikan proses instalasinya sesuai dan tidak meninggalkan sedikitpun kesalahan pada pemasangannya, gunakan pemilihan material yang sesuai antara penutup atap ( genteng ) dengan material rangka yang anda gunakan untuk atap anda. apakah akan menggunakan atap berupa genteng beton, seng, dll serta apakah akan menggunakan rangka kayu, bambu, aluminium dsb.
4. Detail ( Finishing ), Anda harus memperhatikan finishing detail pengerjaan dari rumah yang anda miliki atau anda pesan ( dari perumahan ), seperti finishing pengerjaan lantai, Pintu, Kitchen Set, kamar mandi, dapur, Daun pintu dan jendela dll, Hal ini dianggap penting karena proses finishing yang bagus ( tidak harus mahal ) akan sangat berpengaruh pada performance dan estetika dari rumah anda.
5. Dapur dan Kamar Mandi [ Kitchen and Bathroom ], Perhatikan area dapur anda dengan seksama, apakah ketinggian meja dapur sudah sesuai dengan proporsi tinggi anda, apakah sink ( tempat cuci piring & gelas ) anda sudah sesuai penempatannya, apakah dapur anda termasuk dalam dapur kotor / dapur bersih atau kedua2xnya, konsultasikan hal ini dengan seorang interior desainer yang khusus menangani masalah dapur agar dapur yang anda miliki bisa menjadi lebih nyaman dan aman untuk kegiatan memasak anda, Perhatian juga area kamar mandi anda dengan seksama apakah saluran pembuangannya bisa bekerja dengan baik dan apakah area kamar mandi anda sudah mendapatkan penghawaan yang cukup.
6. Sistem Elektrikal [ Elctrical system ]. Pastikan sistem elektrikal yang anda aplikasikan di dalam rumah anda benar2x direncanakan dengan matang sebelumnya. Dari mulai penempatan MCB ( master Circuit Break )nya, penempatan stop kontak dan saklar, penempatan saluran antenna TV, serta penempatan titik2x lampu di dalam rumah anda.
7. Sejarah Kondisi Tanah ( Site Land )
Tips ke tujuh sebagai panduan untuk anda dalam menginspeksi kualitas rumah anda ( tips tambahan dari mas john f papilaya ) adalah dengan menganalisa Sejarah Kondisi Tanah pada site yang anda miliki, Hal ini akan sangat menentukan :
- Kualitas Tanah Anda ( Kualitas kesuburan tanahyang anda miliki )
- Kualitas Air Bersih ( apakah layak digunakan untuk konsumsi air minum, mandi, proses cuci mencuci, atau malah tidak layak dan berbahaya apabila digunakan untuk kegiatan seperti di atas).
Analisa terhadap Sejarah Kondisi Tanah yang anda miliki merupakan salah satu hal yang pokok dan mendasar dalam menentukan kualitas rumah anda karena sebaik apapun rumah / bangunan yang anda miliki, jika tidak ditunjang dengan kondisi tanah yang ideal untuk sebuah hunian bagi keluarga anda, maka rumah yang anda tempati akan terasa kurang nyaman dan bisa memberikan dampak yang negatif dari segi kesehatan anggota keluarga anda.
Demikian tips dari kami. semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan bagi anda.
Selamat menikmati
sumber : www.perspektif-magazine.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Jurnal Rumah Kita Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates